Rabu, 27 Juni 2012

bunga


BUNGA (FLOS)



Bunga merupakan alat reproduksi generatif yang muncul hanya pada saat tumbuhan telah mencapai usia tertentu. Bunga dikatakan lengkap atau sempurna bila memiliki alat kelamin jantan (benang sari), alat kelamin betina (putik) dan perhiasan bunga (kelopak dan mahkota).



Bagian-Bagian Bunga, diantaranya:

·         Tangkai bunga (pedicellus)

Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang masih jelas bersifat batang.

·         Dasar bunga (receptaculum)

Dasar bunga merupakan ujung percabangan yang terhenti pertumbuhannya dan menjadi tempat tumbuhnya perhiasan dan kelamin bunga.

·         Perhiasan bunga (perianthium)

1.      Kelopak (calyx)

Kelopak merupakan bagian perhiasan bunga yang terdapat pada linngkaran luar, bisanya berwarna hijau dan terdiri atas beberapa daun kelopak (sepala). Kelopak berfungsi untuk melindungi bunga pada saat bunga berbentuk kuncup.

2.      Kelopak Mahkota bunga (corolla)

Mahkota merupakan bagian perhiasan bunga yang terdapat pada lingkaran dalam, biasanya memiliki warna yang menyolok dan terdiri atas sejumlah daun kelopak (petala). Mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga agar menghisap madu dan membantu penyerbukan.



·         Benang sari (stamen)

Benang sari merupakan alat kelamin jantan. Benang sari memiliki tangkai (filamen) dan kepala sari (anthera) dimana pollen (serbuk sari) dihasilkan.

·         Putik (pistillium)

Putik merupakan alat kelamin betina. Putik tersusun  dari beberapa bagian  yaitu bakal buah (ovarium), tangkal putik (stylus) dan kepala putik (stigma).

                                     gambar. struktur bunga




Tidak ada komentar:

Posting Komentar